Victor Pandiwijaya

victorMeskipun termasuk terlambat dalam belajar musik, Victor menunjukkan keseriusan yang sungguh-sungguh dalam mendalami musik.  Awalnya ia belajar gitar pada usia 13 tahun dari Pdt. Andreas Gunawan, dengan tujuan hanya untuk mempelajari lagu-lagu rohani di gereja. Setelah beberapa bulan, lalu ia memutuskan untuk serius belajar gitar klasik dengan Jassin Burhan, selama sekitar 2 tahun, hingga Grade 6.  Lalu pada usia 15 tahun ia mulai mempelajari elektrik bass dan tertarik dengan musik jazz, ia memutuskan untuk belajar secara otodidak, dari buku dan rekaman musik.

Setelah lulus SMA, ia sesungguhnya telah diterima sebagai mahasiswa Jurusan Komposisi Musik di Institut Kesenian Jakarta.  Namun karena pada saat bersamaan ia diterima di Program D-3 FISIP Universitas Indonesia, maka demi memenuhi harapan dari orangtua, ia memutuskan untuk sementara meninggalkan mimpinya menjadi musisi.  Lalu, setelah lulus dari D-3 FISIP UI, ia lalu meneruskan kuliah S-1 hingga lulus Sarjana Ekonomi Jurusan Manajemen Keuangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Selama meniti karir dalam bidang ekonomi, ia telah bekerja lebih dari 10 tahun pada perusahaan nasional dan multinasional, khususnya dalam perusahaan perbankan, investasi dan pasar modal.  Namun karena kecintaannya pada musik, pada tahun 2006 ia memutuskan untuk beralih profesi menjadi musisi, dengan menempuh pendidikan di Institut Musik Daya Indonesia (IMDI), hingga lulus Bachelor of Music pada tahun 2010, major instrument Contrabass, dengan bimbingan dari Doni Sundjoyo dan Indra Perkasa. Untuk minor Piano dan Music Pedagogy, ia belajar dengan Jelia Megawati Heru. Sedangkan untuk Arrangement dan Orchestration ia belajar dari Tjut Nyak Deviana Daudsjah dan Indra Perkasa.   

victor at java jazzVictor juga telah tampil sebagai pemain bass dengan berbagai grup, pada beberapa jazz events seperti Java Jazz 2010 (bersama Jakarta Broadway Singers), dan Java Jazz 2011 (bersama TJNDD Trio / Tjut Nyak Deviana Daudsjah Trio featuring Dip’Ah), lalu Ambon Jazz Festival 2010, Jazzvaganza 2010, dan Jazz Locafore 2011 (bersama Julian Marantika Trio).  Saat ini ia adalah anggota tetap dari Galilea Orchestra (sejak 2007) dan juga Aksan Sjuman & Fantasia Orchestra (sejak 2011). Selain sebagai salah satu manajemen Kania Music School, Victor juga mengajar Kelas Bass, Gitar Klasik/Pop/Jazz, Music Theory, Arranging dan Ensemble.  Ia juga melatih dan menulis Aransemen Musik untuk Fontania Ensemble, dan juga sejak tahun 2000 sering menjadi Pembicara,  Trainer Musik Rohani di berbagai denominasi gereja dan juga menulis materi pengajaran (workshop) untuk Musik Gereja. Ia juga mengelola website www.worshippedia.com

VictorBass